Pages

 

Monday, August 13, 2012

Beberapa Fakta Tentang Jantung dan Tips Agar Jantung Tetap Sehat

0 komentar

Anda dapat selalu merasakan jantung anda berdetak setiap saat tangan diletakkan ke dada. Namun, apakah anda pernah berpikir tentang apa yang sebenarnya terjadi di dalam sana? Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai jantung manusia:

• Fungsi Jantung
Setiap hari jantung Anda berdetak kurang lebih sebanyak 100,000 kali dan mengirimkan aliran darah sebanyak 2,000 galon ke seluruh bagian tubuh manusia. Jantung mempunyai tugas untuk memastikan darah mengalir dan memberi asupan nutrisi ke seluruh pembuluh darah dan jaringan pada tubuh sepanjang 96,560 km. Jika ada kerusakan pada jantung maka otomatis jantung jadi terforsir untuk bekerja lebih keras agar seluruh bagian tubuh tetap ternutrisi dengan baik.

Jadi bagaimana caranya agar jantung Anda tetap sehat? Menjaga agar tubuh tetap sehat akan sangat membantu jantung bekerja lebih efisien. Dengan kata lain, makanlah makanan yang sehat, bergizi seimbang, dan jangan lupa untuk rutin berolah-raga.

• Gejala serangan jantung pada pria dan wanita
Ukuran jantung pria dan wanita berbeda. Berat jantung pada pria kira-kira sekitar 283,5 gram sedangkan wanita berat jantungnya kira-kira sekitar 226,8 gram.

Tanda-tanda gejala serangan jantung pada wanita jauh lebih tidak terlihat. Pada saat wanita terkena serangan jantung, biasanya gejalanya hanya mual, tidak nafsu makan, dan sakit pada pundak – bukan sakit pada dada.

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling besar, baik untuk wanita maupun pria. Cobalah untuk hidup sehat dengan tidak merokok, rutin memeriksakan tekanan darah dan kolestrol pada waktunya.

Tips dan Trik Agar Jantung Tetap Sehat

• Tertawa = obat Jantung yang baik
Para pakar kesehatan telah membuktikan bahwa tertawa adalah merupakan obat jantung yang baik. Tertawa lepas dapat mengirimkan tambahan darah sekitar 20% ke seluruh tubuh.
Pada saat Anda tertawa, dinding-dinding pembuluh darah akan merenggang dan menjadi relaks. Jadi, milikilah kualitas tertawa yang baik maka jantung Anda akan sangat berterima kasih.

• Stress dan hari Senin pagi
Pagi hari merupakan waktu yang paling rentan terhadap serangan jantung. Hal ini terjadi karena hormon stres yang disebut cortisol sangat tinggi di pagi hari. Apalagi jika ditambah dengan kondisi tekanan darah serta denyut jantung yang meningkat karena harus kembali bekerja setelah berakhir pekan, hal ini merupakan salah satu pemicu serangan jantung di Senin pagi.
Untuk itu, Anda harus bisa menurunkan tingkat stres Anda sendiri semaksimal mungkin. Misalnya dengan melakukan aktifitas yoga, meditasi, olah-raga, tertawa (seperti tips no. 3), atau meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarga dan melakukan hal apapun yang dapat menyenangkan Anda.

• Sex pun dapat membantu jantung Anda (Khusus yang sudah Menikah)
Para pria yang kehidupan seks-nya aktif dapat mengurangi hingga separuh dari resiko kematian akibat serangan jantung. Menurut studi yang dilakukan di Inggris, pria-pria yang melakukan hubungan seksual secara rutin sebanyak tiga hingga empat kali seminggu dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Walaupun masih belum ada studi mengenai hubungan jantung dengan kehidupan seksual pada wanita, namun satu hal yang pasti adalah bahwa kegiatan seksual merupakan penghilang stres terbaik. Kegiatan ini juga bisa dijadikan pilihan olah raga Anda – karena per setengah jam beraktifitas seksual, dapat membakar sekitar 85 kalori.

Jika tiba-tiba Anda bermasalah dengan kehidupan seksual, itu bisa menjadi peringatan terhadap kondisi jantung Anda. Sebagai contoh, beberapa peneliti mengatakan bahwa disfungsi ereksi dapat diindikasikan sebagai peringatan awal terhadap serangan jantung, lebih kurang sekitar 5 tahun sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)