Pages

 

Wednesday, January 2, 2013

Mengapa Wanita Selalu Menyukai Pertengkaran??

0 komentar


Penelitian di Pennsylvania State menunjukkan bahwa pertengkaran dengan pasangan membantu wanita meredakan stres. Sementara itu, pertengkaran justru membuat pria merasa lebih stres.

Ilmuwan mengamati 140 pasangan yang sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka dengan mengukur kadar hormon cortisol pada contoh air liur mereka sebelum, selama, dan setelah menjawab pertanyaan mengenai hubungan mereka.

Hasilnya, pertengkaran dan sikap permusuhan pasangan diketahu meningkatkan kadar stres pria. Uniknya, permusuhan dan pertengkaran justru memberikan efek sebaliknya bagi wanita. Bertengkar dan berdebat diketahui mampu menurunkan kadar stres mereka.

"Pria biasanya merasa lebih cemas dan stres ketika mengalami permusuhan dan berdebat dengan pasangan mereka," jelas peneliti Mark Feinberg, seperti dilansir oleh Shine.

"Sebaliknya, wanita justru merasa stres lebih lama jika mereka tidak mengeluarkan perasaan mereka melalui perdebatan," tambahnya.

Temuan ini mungkin terdengar aneh. Namun Feinberg menyatakan bahwa bagi wanita yang sedang cemas dan mengalami stres, berdebat dan mengemukakan pendapat mereka bisa jadi salah satu jalan untuk meyakinkan diri bahwa mereka dan pasangan masih terhubung dan terlibat satu sama lain.

Namun perlu diketahui bahwa penelitian ini dilakukan pada pasangan yang sedang menanti kelahiran anak pertama. Biasanya pasangan mengalami peningkatan stres pada masa ini. Sementara wanita yang hamil secara alami telah memiliki kadar cortisol yang tinggi.

Bagaimana dengan Anda, apakah hasil penelitian di atas sesuai dengan apa yang Anda rasakan?











merdeka.com

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)