Pages

 

Tuesday, January 1, 2013

5 Kebaikan Sahabat Bagi Kesehatan

0 komentar


Tak hanya bisa mengisi hari-hari kita dengan penuh tawa, ternyata memiliki sahabat mampu memberikan lebih banyak dampak positif bagi kesehatan. Inilah beberapa manfaat yang bisa kita petik dari hubungan baik kita dengan mereka.

They Push You to Move More

Ingin diet dan butuh dukungan? Sahabat bisa jadi salah satu motivator terbaik. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan Dr. Richard Keegan dari University of Lincoln. Bahkan dalam survei yang dilakukan di dalam penelitian, terbukti bahwa banyak partisipan yang membutuhkan dukungan dan peringatan dari sahabat untuk berolahraga. Atau setidaknya bergerak. Dengan demikian, program penurunan berat badan pun akan berjalan lebih optimal.

They Make You Relaxed

Saat dilanda stres dan depresi, kita membutuhkan seseorang untuk mendengar cerita dan berbagi kesulitan. Sahabat ada bagi kita untuk melalui berbagai permasalahan tersebut. Menurut studi yang dilakukan oleh UCLA, wanita bisa lebih tenang dalam menghadapi stres berkat sahabat. Ketika mencurahkan isi hati kepada sahabat, hormon oksitosin akan diproduksi dan serta merta membuat tubuh menjadi lebih relaks.

Sahabat Membuat Kita Berumur Panjang

Penelitian asal Australia memperlihatkan orang dewasa yang punya banyak sahabat memiliki kemungkinan untuk meninggal 22% lebih kecil dibanding teman sebayanya yang memunyai lebih sedikit teman. Tak hanya itu, penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal PLoS memperlihatkan orang yang memiliki hubungan persahabatan yang sangat erat dan kuat memiliki kemungkinan 50% lebih besar untuk hidup lebih lama.

Friends and Cancer Survivor

Sahabat terbaik juga bisa selamatkan kita dari risiko kanker. Hal ini terbukti dari studi tahun 2005 yang melibatkan 61 partisipan wanita. Peneliti menemukan wanita yang memiliki hubungan kurang akrab dengan teman-temannya memiliki level interleukin 6 (sebuah protein yang menandakan tingkat agresivitas penyakit) yang lebih tinggi. Sedangkan, studi lain yang diikuti 86 wanita pengidap kanker payudara menemukan, partisipan yang setiap minggunya mengikuti support group bisa hidup 2 kali lebih panjang.

They Lower Heart Disease Risk

Memiliki ikatan persahabatan yang kuat memang menyenangkan. Cukup meluangkan sedikit waktu untuk berbicara dengan sahabat saja, kita bisa menjadi relaks. Tak heran, sahabat bisa juga memberikan manfaat baik bagi jantung. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan tahun 2005. Orang dengan hubungan sosial yang kurang kuat dengan sekitarnya memiliki risiko terkena penyakit jantung 2 kali lebih besar.

Ternyata, memiliki sahabat memang terbukti menyenangkan, bukan?







http://www.preventionindonesia.com

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)