Pages

 

Sunday, December 23, 2012

Psikiater Ini Dipenjara karena Pasiennya Lakukan Pembunuhan

0 komentar



Seorang psikiater di Perancis dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena dianggap bertanggung jawab atas perbuatan pasiennya melakukan pembunuhan. Ia dinyatakan melakukan kesalahan besar karena gagal mengenali bahaya yang ditimbulkan pasiennya terhadap publik. 

Pengadilan di Marseilles memvonis psikiater bernama Daniele Canarelli (58 tahun) dengan hukuman penjara selama setahun. Sebabnya pasien yang ia tangani selama 4 tahun bernama Joel Gaillard telah membunuh seorang pria berusia 80 tahun bernama Germain Trabuc.

Trabuc dibunuh menggunakan kapak pada bulan Maret 2004 di wilayah Pegunungan Alpen, sebelah tenggara Perancis. Pembunuhan ini dilakukan 20 hari setelah Gaillard melarikan diri dari konsultasi Canarelli di rumah sakit Marseilles's Edouard Toulouse.

Tak hanya divonis hukuman penjara 1 tahun, Canarelli juga diperintahkan membayar denda sebesar € 8.500 atau sekitar Rp 108,8 juta kepada anak korban. Putusan ini merupakan yang pertama kali terjadi terhadap psikiater di Perancis. Pengacara Canarelli mengatakan bahwa putusan ini akan berakibat serius bagi pengobatan sakit jiwa.

"Jika seorang psikiater hidup dalam ketakutan akan dihukum, itu akan memiliki konsekuensi yang sangat nyata dan mungkin mengarah pada pengobatan yang lebih sulit," kata pengacara Canarelli, Sylvain Pontier seperti dikutip dari Medical Daily, Kamis (20/12/2012).

Pengadilan mengatakan bahwa Canarelli seharusnya merekomendasikan agar Gaillard ditempatkan di unit perawatan khusus atau dirujuk ke tim medis lain, namun Canarelli bersikeras menolaknya. Penolakan tersebut menurut pengadilan dapat disamakan dengan bentuk 'kebutaan'.

Gaillard yang merupakan pengidap skizofrenia paranoid dinyatakan tidak bertanggungjawab atas perbuatannya dan dibebaskan di bawah pengawasan medis. Anak korban bernama Michel Trabuc menegaskan bahwa keputusan hakim ini akan menjadi preseden hukum.

"Tidak ada sesuatu yang bebas risiko, tapi saya harap ini akan membuat psikiatri berkembang dan di atas semua, peristiwa ini tidak akan terjadi lagi," kata Trabuc.

Organisasi psikiater Perancis yang setia mendukung Canarelli selama persidangan mengatakan bahwa putusan ini dapat membuat profesinya dikambinghitamkan atas kasus yang kompleks. Sejak hari pertama persidangan, staf medis psikiatri melancarkan protes di luar gedung pengadilan membawa spanduk bertuliskan 'Hari Gelap untuk Psikiatri'.




http://health.detik.com

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)