Pages

 

Saturday, December 22, 2012

6 Makanan Penyebab Sakit Kepala Dan Migrain Pada Wanita

0 komentar



Makanan yang enak adalah ‘nutrisi’ untuk suasana hati. Tapi, alih-alih ingin mendapatkan kesenangan lidah dan hati, justru beberapa makanan berpotensi membuat Anda sakit kepala. Apa sajakah makanan tersebut?

  • Cokelat

Selama ini cokelat dianggap penyelamat bagi mereka yang tengah mengalami stres. Ini tidak salah karena banyak ahli gizi menyatakan cokelat mengandung serotonin yang bisa mendatangkan perasaan senang. Tapi, cokelat juga memiliki kandungan tyramine yang tinggi. Jika dimakan berlebihan, senyawa ini bakal memblokir penyerapan serotonin dan menyebabkan sakit kepala. Tak heran, cokelat tidak dianjurkan bagi mereka penderita migrain dan mereka yang menjalani diet lemak.

  • Kopi

Kandungan kafein pada kopi disebut-sebut sebagai senyawa penghilang sakit kepala. Tapi, jika konsumsi kopi menjadi kebiasaan, justru menjadi penyebab sakit kepala. Pasalnya, kopi menyebabkan kecanduan yang mengakibatkan suasana hati tidak stabil dan memicu emosi. Untuk itu, alangkah baiknya kopi tidak dikonsumsi secara berlebihan sebelum Anda menjadi 'monster' karenanya.

  • Pemanis Buatan

Banyak orang beralih ke pemanis buatan untuk menghapus asupan kalori dalam gula. Tapi ini bukanlah cara yang baik jika menjadi kebiasaan. Ya, pemanis buatan mengandung aspartam yang dapat memicu timbulnya migrain dibandingkan pemanis yang mengandung sukrosa. Bahkan, jika menjadi kebiasaan, senyawa yang dimiliki pemanis buatan dapat memblokir produksi serotonin dalam tubuh. Alhasil, pikiran Anda akan terus dibuat risau olehnya.

  • Keju

Satu dadu keju mungkin baik untuk tambahan menu sarapan. Sebatas itu saja, jangan berlebihan. Pasalnya, keju memiliki kandungan tyramine yang tinggi menjadi penyebab timbulnya migrain. Bahkan penyerapan protein pun jadi terhambat, sehingga pelepasan tyramine menjadi lebih tinggi di dalam tubuh.

  • Es Krim

Siapa yang sanggup menahan godaan es krim? Jika Anda penderita migrain, Anda harus sanggup! Ya, sensasi dingin dari es krim memicu saraf timbulnya migrain. Untuk itu banyak yang menganjurkan, es krim dikudap secara perlahan dan biarkan 'menghangat' di dalam mulut sebelum ditelan agar kadar dinginnya tidak mengguncang saraf.

  • Alkohol

Berapa banyak kekacauan yang diakibatkan oleh alkohol? Ya, alkohol memiliki kandungan tyramine yang tinggi dan menjadi penyebab timbulnya dehidrasi serta mabuk. Jelasnya, tyramine adalah asam amino yang mempengaruhi pembuluh darah dan tingkat serotonin di dalam tubuh. Itulah sebabnya alkohol memicu pengendara mobil untuk menjadi mesin pembunuh di jalan raya.


http://www.bachelora.com

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)