Pages

 

Saturday, August 25, 2012

Jangan Buang Kulit Buah Pisang!!!

0 komentar

Anda gemar mengonsumsi buah-buahan? Bila Anda hobi, berarti buah pisang juga merupakan salah satu kegemaran Anda. Buah pisang disebut-sebut sebagai raja para buah karena memiliki kandungan zat bergizi yang lebih tinggi dari buah-buahan tropis lainnya. Bahkan, kulit buah pisang pun memiliki manfaat.

Buah Higienis

Selain itu, buah pisang dikenal sebagai buah yang paling higienis bila dimakan karena seseorang yang mengonsumsi pisang bisa mengupas kulitnya dengan mudah tanpa menyentuh bagian daging buah pisang dan langsung menyantapnya. Berbeda dengan buah lain yang daging buahnya selalu bersentuhan langsung dengan benda lain, tangan manusia atau pisau pemotong buah, sehingga berpotensi membawa kuman-kuman penyakit.

Kandungan Buah Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan vitamin C dosis tinggi dan vitamin B kompleks. Vitamin C membantu metabolisme dan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih tahan terhadap perubahan iklim, cuaca maupun stamina tubuh. Sementara vitamin B kompleks, membantu dalam proses pertumbuhan dan penguatan bentuk tubuh manusia.

Lalu, apakah hanya daging buahnya yang dapat dimanfaatkan? Ternyata tidak. Tanaman pisang identik dengan pohon kelapa yang seluruh bagian tanamannya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Yang difokuskan dalam artikel ini adalah pemanfaatan kulit buah pisang yang cukup mengejutkan dunia melalui kandungan zat yang dimilikinya.

Beberapa Manfaat Kulit Buah Pisang

Menurut banyak penelitian, serat buah pisang kaya akan antioksidan. Selain membantu menjaga berat tubuh yang ideal, meningkatkan daya tahan tubuh orang yang mengonsumsinya. Ternyata, serat dan antioksidan juga terdapat di kulit buah pisang yang selama ini kita anggap sebagai sampah dan harus dibuang.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa kulit buah pisang mampu diolah untuk menghasilkan vaksin hepatitis B. Jika vaksin tersebut berhasil diproduksi massal, obat hepatitis B selama ini yang harganya cukup sulit dijangkau masyarakat, bisa menjadi alternatif yang murah dan membantu kesembuhan jutaan orang di dunia.

Bahkan, kemungkinan besar ketika vaksin hepatitis B telah dengan mudah diproduksi, vaksin lain seperti cacar dan polio akan mengikuti. Vaksin-vaksin tersebut dapat menjadi obat-obatan yang murah dan mudah diperoleh.

Kulit buah pisang yang selama ini dijadikan bahan tambahan untuk pakan ternak herbivora seperti sapi dan kambing, ternyata memiliki potensi lain yang belum dioptimalkan. Kulit buah pisang memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi.

Zat ini dibutuhkan tanaman sebagai unsur hara untuk pembentukan nutrisi dalam proses fotosintesis. Selain itu, potasium membantu pembuluh tapis atau floem untuk mengangkut hasil fotosintesis berupa glukosa atau gula dari daun ke seluruh tubuh tanaman, termasuk buah, sehingga buah memiliki kadar gula cukup tinggi.

Potasium juga dapat memperkuat jaringan tanaman yang terdapat di akar, batang, hingga daun. Potasium mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap berbagai penyakit. Sungguh potensi luar biasa dari kulit buah pisang yang selama ini dianggap sebagai sampah dan harus dibuang.

Jadi, jangan buang kulit buah pisang!



0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)