Pages

 

Saturday, July 21, 2012

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

0 komentar

Puasa adalah obat hati bagi manusia yang selalu merindukan keperkasaan jasmani dan ruhani, karena di dalamnya megandung potensi yang dapat menghilangkan penyakit hati dan tubuh manusia.

Banyak penelitian medis yang menguatkan hasil bahwa,

  • Pertama, tidak makan dan minum selama berpuasa memberi kesempatan kepada organ pencernaan untuk beristirahat selama 14 jam. Allan Cott, dalam bukunya Fasting as a Way of Life, menjelaskan bahwa perpuasa juga membantu sistem syaraf untuk beristirahat sejenak sekaligus menormalkan sistem metabolisme tubuh.

  • Kedua, berpuasa dapat menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol jahat serta tekanan darah yang selama ini mungkin berlebihan karena pola makan yang kurang sehat. Ini terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh paea ilmuwan dari University Hospital, Yordania.

  • Ketiga, saat berpuasa adalah saat yang tepat untuk menurunkan berat badan. Jika kita tidak makan berlebihan saat berbuka dan saat sahur, berat badan akan lebih cepat berkurang.

  • Keempat, penelitian yang dilakukan oleh tim ahli The University of North Dakota menyebutkan bahwa, dibanding jenis diet lainnya, puasa bulan Ramadhan tidak akan mengakibatkan kita kekurangan gizi, karena tidak ada batasan yang ketat dalam hal jenis dan jumlah makanan yang bisa dimakan.

  • Kelima, shalat tarawih yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan juga membantu proses metabolisme makanan yang baru dimakan saat berbuka puasa. Sekitar 200 kalori akan terbakar jika kita melakukan sholat tarawih selama bulan Ramadhan.

  • Keenam, puasa Ramadhan sebenarnya merupakan latihan disiplin diri. Saat itu amat berguna bagi mereka yang ingin berhenti merokok atau menghentikan kebiasaan ngemil

  • Ketujuh, puasa Ramadhan yang mengharuskan kita mengendalikan hawa nafsu sangat bermanfaat bagi kesehatan mental, yang kemudian juga mempengaruhi kondisi fisik secara keseluruhan.

Nah, yang ini juga menarik.

Khusus bagi para wanita, Alvenia M. Fulton, direktur Lembaga Makanan Sehat Fultonia di Amerika Serikat bahkan mengatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan, pesona dan daya pikat. Puasa juga menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

Jadi, kalau para suami sudah tahu begitu dahsyatnya efek puasa bagi istri, coba pikir dua kali untuk melarang istrinya puasa. Saran saya sih, kalau istri minta ijin puasa sunat di luar bulan Ramadhan, dan khawatir tidak bisa ‘menahan diri’, yaa .. niatkan saja ikut puasa. Toh kita juga jadi kecipratan manfaat dan pahala puasa.



0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)