Pages

 

Sunday, July 29, 2012

Apakah Suntik Membatalkan Puasa?

0 komentar

Ibu saya seorang Bidan, pada saat bulan ramadhan seperti sekarang banyak pasien yang bertanya, apakah boleh seseorang yang sedang berpuasa disuntik?? berikut penjelasannya..

Puasa memang wajib untuk umat muslim. Namun, bagaimana saat sakit dan harus suntik? Apa hukumnya??

bersuntik ke dokter karena sakit? Puasanya batal atau tidak?
H Masyithah Umar, Dosen IAIN Antasari Banjarmasin dalam kolom tanya jawab Ramadan di Banjarmasin

Post (Tribun Network) menjelaskan, kata Ibju Hazm, tidak batal puasa karena bekam dan bersuntik (Al Muhalla VI: 203, dalam TM Hasbi Ash-Shiddieqi, 1977:95). Bersuntik tentunya dilakukan oleh seorang ahli (medis) dan sudah melalui pemeriksaan bahwa yang bersangkutan benar-benar sakit dan memerlukan pertolongan. Biasanya kalau tidak terpaksa, suntikan tidak akan dilakukan oleh para medis kepada pasien.

Bagi orang yang sakit berlaku ketentuan sebagai berikut: Bila seseorang yang sedang puasa sakit dan dikhawatirkan puasanya menunda kesembuhannya maka dia boleh tidak puasa (kesepakatan tiga imam mazhab).

Sedang menurut Hanabilah, disunat untuk berbuka dan makruh baginya berpuasa.
Syafi’iyah berpendapat bila seseorang hanya diduga akan sakit bila berpuasa maka dia tetap harus mencoba berpuasa. Jika terbukti berbahaya baru boleh berbuka. Jika bersuntik tidak terkait dengan sakit maka puasanya batal (karena tidak ada sebab atau alasan).

Tetapi bila sifatnya lil ikhthiyat (kehati-hatian) maka bersuntik terkait dengan sakit, sehingga berlaku kaidah keringanan bagi yang sakit, dan bersuntik tidak batal sesuai kaidah fiqh”dar’ul mafasid muqaddamun ‘ala jalbil mashalih”, menolak kerusakan didahulukan daripada mengambil yang maslahat.

Walaupun tidak batal untuk kemaslahatan bagi yang sakit sebaiknya perhatikan dan cermati pendapat imam mazhab di atas, terima kasih.


0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)