Pages

 

Saturday, April 20, 2013

Berbagai Kebiasaan Makan Dari Negeri Tirai Bambu yang Wajib Anda Tahu

0 komentar


Tiap negara punya cara menikmati makanan sendiri-sendiri. Begitu juga di China, yang punya beragam kebiasaan dan tradisi unik saat makan. Dari makan mie saat ulang tahun, selalu mengisi ulang cangkir teh, hingga tidak boleh membalikkan tubuh ikan saat dimakan!

Tradisi menyantap makanan tiap negara memang unik-unik. Siapa sangka, jika di China, gelas teh tak boleh dibiarkan kosong, juga sumpit tak boleh diletakkan di atas mangkuk. Lawrence Lo dari LHY Etiquette Consultancy Limited mengungkapkan alasannya pada CNN Travel:

1. Jangan membalik ikan

Ikan jadi salah satu menu yang disukai, termasuk di China. Biasanya, setelah daging di satu sisi sudah diambil, ikan akan dibalik untuk mendapatkan daging bagian bawah. Namun masyarakat pesisir di China menganggap hal tersebut merepresentasikan makna yang negatif, yaitu kapal yang terbalik di lautan. Untuk melepas daging bagian bawah, biasanya digunakan bantuan sumpit.


2. Mengisi cangkir kosong

Teh jadi minuman yang lazim disajikan. Cangkirnya tak akan dibiarkan kering, dan akan segera diisi kembali jika sudah hampir habis. Terlebih di suatu jamuan makan, cangkir akan selalu terisi penuh. Hal ini melambangkan rasa terima kasih pada tamu atau lawan bicara.


3. Menu makanan genap

Saat memesan makanan, biasanya seseorang akan minta disajikan makanan sesuai dengan jumlah orangnya, baik genap ataupun ganjil. Namun, memesan makanan dalam jumlah ganjil juga bisa diartikan berbeda. Angka ganjil dianggap sebagai simbol kematian, dan angka makanan yang ganjil seringkali disajikan saat sedang berduka.


4. Mie ulang tahun

Mie yang melambangkan kemakmuran juga jadi sajian utama di hari ulang tahun. Tipsnya, jangan memotong mie dengan gigi ataupun sendok. Mie merepresentasikan umur yang panjang, sekaligus mewakili sebuah metafora yang melambangkan umur yang panjang.






detik.com


0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)