Pages

 

Sunday, March 17, 2013

Tips Supaya Baterai Android Anda Tidak Cepat Jebol

0 komentar
 
 
Baterai Li-Ion (Lithium-ion)  merupakan jenis baterai ponsel yang banyak digunakan oleh ponsel keluaran terbaru saat ini. Dalam tren teknologi ponsel, coba sobat perhatikan perkembangan selalu menuju ke perangkat lebih kecil, lebih tipis, dan lebih ringan, atau lebih canggih karena hal inilah yang membuat mereka berpindah ke jenis baterai Li-ion. Karena baterai Li-ion menjawab semua kebutuhan perangkat ponsel anda yang memerlukan daya baterai tahan lama dan Li-ion adalah pilihan yang tepat. Sebagai bahan perbandingan dengan baterai jenis lain, Li-Lion dapat menyimpan daya 150 watt-hours di dalam 1 kilogram baterai.  Sedangkan NiMH hanya dapat menyimpan 60-70 watt-hours /kilogram.  Dari hasil perbandingan tersebut tidak heran jika kebanyakan perusahaan ponsel lebih memilih jenis baterai Li-Ion sebagai komponen penting sebuah ponsel.

Berikut ini adalah rincian beberapa kelebihan dan kekurangan dari baterai Li-ion
  • Li-ion tidak memiliki memory effect, yang mana berarti proses charging hanya menambah penyimpanan energi. Pada baterai jenis sebelumnya, proses charging sebenarnya melakukan dua tahap, discharge completely, mengosongkan semua isi dari baterai terlebih dahulu, lalu re-charging. Hal ini berarti proses charging Li-ion membutuhkan waktu yang lebih sedikit daripada NiMH atau jenis baterai sebelumnya.
  •     Komponen ramah lingkungan.
  •     Memiliki daya lebih besar.

Terlepas dari kelebihannya yang demikian, Baterai jenis ini juga memiliki kekurangan sebagai berikut
  • Baterai Li-ion sangat sensitif dengan suhu tinggi. Karena dapat membuat masa pemakaian Li-ion lebih cepat menurun dari waktu pemakaian normal yaitu 3 tahun.
  • Baterai Li-ion biasanya harganya lebih karena harus memiliki on-board computer untuk memenage baterai.
  • Kemampuan akan mulai menurun segera setelah baterai meninggalkan pabrik. Masa pemakaian diperkirakan sekitar 3 tahun dari tanggal pembuatan, meskipun baterai tersebut dalam kondisi tidak digunakan.

Perawatan

Jika sobat pengguna ponsel dengan baterai Li-Ion maka sobat dalam menjaga kualitas baterai tidak memerlukan perlakuan khusus. Cukup memperhatikan penggunanaan dan penyimpanan ponsel karena tempat penyimpanan sangat menetukan kualitas baterai.  Dalam menyimpan baterai hindari suhu yang tinggi karena Jenis baterai ini akan terbakar apabila overheating. Sebagai contohnya adalah hindari meletakkan atau meninggalkan ponsel di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari.

Dan pertanyaan yang paling sering muncul dari  banyak pengguna ponsel adalah apakah dengan membiarkan ponsel  ponsel tetap dalam posisi charging setelah baterai penuh mempengaruhi masa pemakaian baterai? Jawabanya adalah Tidak ! karena charger baterai Li-ion akan otomatis menghentikan charging apabila baterai sudah penuh selama charger yang digunakan dalam keadaan baik dan benar ( disarankan menggunakan charger original )









adegirie.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)