Pages

 

Wednesday, September 5, 2012

Tradisi Unik Di Bogor! Adu Kerbau

4 komentar

Indonesia memang unik yaa, masing-masing daerah mempunyai tradisi yang berbeda dengan daerah lainnya. salah satunya adalah adu kerbau di bogor.

Selama ini kerbau hanya dikenal sebagai hewan yang digunakan untuk membajak sawah dan dijual untuk dimanfaatkan dagingnya. Namun bagi warga di Cigudeg, Kabupaten Bogor, kerbau ternyata memiliki peran tersendiri.

Pasca Idul Fitri 1433 H, tradisi adu kerbau kembali digelar di tengah persawahan milik petani di Kampung Ciasahan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, pada Selasa (4/9).

Selain bisa menaikkan harga kerbau, tradisi tersebut juga untuk adu kehormatan antar pemilik kerbau. Selain itu tradisi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Bogor.

Tradisi adu kerbau ini diselenggarakan oleh warga tiga desa di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Sebanyak empat kerbau jantan beradu kepala di hamparan lahan sawah milik para petani.

Ada dua jenis kerbau yang ikut dalam tradisi ini, yakni jenis bule dan jenis plen atau jantan. Dalam adu kerbau tersebut, sebelum bertanding para kerbau ini dimandikan terlebih dahulu agar segar saat bertarung.

Adu kerbau ini juga diiringi oleh kesenian pencak silat dan gendang penca. Warga juga menggelar ritual terlebih dahulu agar lancar dalam pelaksanaan acara tersebut.

Tradisi yang digelar sejak tahun 1980 ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Kerbau yang menang sudah pasti harganya akan naik. Selain harga, kehormatan pemilik kerbau yang juga juga pasti terdongkrak antar para pemilik. Dalam acara tersebut dihadiri oleh ribuan pengunjung dari berbagai desa. Mereka sangat antusias untuk menyaksikan tradisi adu kerbau tersebut.

Sementara itu dalam pelaksanaan ini pihak penyelenggara juga meminta sumbangan seikhlasnya kepada warga yang menonton. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan jembatan yang menghubungkan lima desa.

Junaedi (45) panitia penyelenggara mengatakan, tradisi tersebut harus dijaga dan dilestarikan, agar anak cucu warganya bisa tetap menikmati tradisi tersebut.

"Ini merupakan peninggalan nenek moyang kami dan harus dilestarikan," katanya.

Tradisi adu kerbau yang pertama di pulau Jawa ini hingga kini tidak mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal jika dilestarikan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan atau menjadi kebudayaan khususnya di suku sunda.



4 komentar:

Cara Alami Mengobati Kanker Usus said...

memang Indonesia banyak ragam budaya dan tradisi yang harus dilestarikan...

gilapc.com said...

betul...... :d:

Obat darah tinggi said...

wah kasian juga kalo kerbau di adukan ,,,,,,,
kan kerbau juga manusia bukan kebudayaan yang baik ini mah ,,,,,,,

gilapc.com said...

kerbau kan hewan bang bukan manusia.. :n: ya itu kembali ke manusianya juga si..

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)