Pages

 

Saturday, August 18, 2012

Operasi, Sebenarnya Kepentingan Dokter atau Kepentingan Pasien?

0 komentar

Ada isu yang mengatakan bahwa dokter melakukan pembedahan dikarenakan sedang butuh uang, ataupun untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat, dan sebagainya. Sehingga cap dokter matre pun disematkan pada dokter-dokter yang bersangkutan. Sehingga keputusan operasi diidentikkan dengan kepentingan dokter yang lebih dominan ketimbang kepentingan pasien. Fakta ini tidak benar seluruhnya tapi juga tidak salah seluruhnya. Ada banyak sekali faktor yang harus diperhatikan dalam hal ini.

Benar tidaknya keputusan operasi itu kembali pada dokter itu sendiri dan tim medis yang bersangkutan. Di sini peranan pasien menjadi sangat lemah sekali. Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut sebenarnyar tidak begitu sulit. Caranya sebagai berikut :

  • Berobatlah ke rumah sakit. Berdasarkan pengalaman saya, sistem rujukan akan berjalan lebih cepat di rumah sakit yang tersedia praktek dokter umum hingga dokter spesialis di sana.
  • Cara lain adalah berobatlah ke dokter yang sudah terpercaya. Pamor seorang dokter sangat ditentukan dengan ketajaman diagnosa dan keampuhan terapi pilihannya. Dokter yang baik bukanlah seorang money oriented, melainkan seorang healing and curing oriented.
  • Tidak ada salahnya Anda mencoba bertanya kepada teman-teman, sahabat, keluarga, tetangga yang mungkin pernah mengidap penyakit yang sama dan apa terapi yang pernah dijalankannya. Besar kemungkinan Anda pun akan mengikuti prosedur terapi yang lebih kurang sama.


0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)