Pages

 

Friday, July 27, 2012

Tips Stop Keluarnya Air Mata Saat Mengiris Bawang

0 komentar

Bagi ibu rumah tangga yang suka sekali dengan kegiatan dapur atau acara masak memasak pasti akan selalu ketemu dengan yang namanya bawang, baik bawang merah maupun bawang putih. Dimana bawang merah tersebut sering membuat mata terasa pedih, kadang sampai mengeluarkan air mata. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari keluarnya air mata, dengan cara :

1. Kupas dan potong bawang merah di bawah air mengalir untuk menghilangkan zat yang membuat iritasi , sebelum hal itu dapat bereaksi terhadap mata.

2. Dinginkan dulu bawang merah di dalam lemari es selama beberapa jam, sampai bawang tersebut menjadi dingin. Hal ini akan membuat kandungan gas pada bawang menjadi berkurang.

3. Tusukkan satu siung bawang merah utuh pada ujung pisau, kemudian gunakan pisau itu untuk merajang bawang. Biarkan bawang utuh itu tetap di pisau. Dijamin, mata tidak pedih lagi.

4. Untuk mengurangi air mata ketika memotong bawang yaitu dengan memotong bagian atasnya lebih dahulu, kemudian mengupas kulit terluarnya, dan biarkan akarnya utuh. Dimana ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih, informasi tersebut menurut The National Onion Association.

5. Jika bawang merah termasuk bahan yang sering gunakan saat memasak, rajang saja dalam jumlah yang cukup banyak sekali waktu, lalu simpan dalam container yang tertutup rapat di dalam lemari es. Waktu dan air mata akan dihemat.

6. Cara terakhir dan termudah, beli saja food processor atau pengiris bawang. Pastikan tidak memproses bawang terlalu lama di dalamnya, dan tunggu beberapa detik sebelum membuka tutupnya untuk memberi kesempatan gas, yang ditimbulkan oleh bawang yang terpotong, mengendap.

selamat mencoba... @_@


0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa buat ninggalin komen yaa....

boleh kopas kok.. tapi kasih link ke http://gilapc.com/ yaa...

terima kasih kunjungannya... :)